candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD N 2 WONOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016.

Andi Dwi Ariyanto

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Student Team Achievement Division dalam Peningkatan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD N 2 Wonoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mempunyai 4 tahapan, yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Triangulasi sumber dalam penelitian ini yaitu guru, siswa kelas I, dan dokumen, sedangkan triangulasi teknik yaitu observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa tentang energi di kelas IV SD N 2 Wonoharjo tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci : Model STAD, Berpikir Kritis, Hasil Belajar


Abstract: The Application of Student Team Achievement Division Model in Improving Students’ Critical Thinking in Natural Science Learning for the Fourth Grade Students of SD Negeri 2 Wonoharjo in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research is to improve students’ critical thinking and learning outcomes in naturla science learning for the fourth grade students. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of two meetings including planning, action, observation, and reflection. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Triangulation of sources in this research are teachers, first grade students, and documents. Triangulation of technique in this research are observation, interview, and test. The result of this research is the application of STAD model can improve students’ critical thinking and learning outcomes about heat energy and sound energy for the fourth grade students of SD Negeri 2 Wonohorjo in the academic year of 2015/2016.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.