candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL BERPIKIR INDUKTIF DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III NEGERI 04 NGRINGO TAHUN 2015/2016

winahyu arif wicaksono

Abstract


Abstract: The Application of Inductive Thinking Model Using Graphic Media in Improving Social Science Learning for the Third Grade Students of SD Negeri 4 Ngringo in the Academic Year of 2015/2016. This research is based on the low learning outcomes of students especially in social science learning. The objective of this research is to improve social science learning of the third grade students of SD Negeri 4 Ngringo. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of five meetings including planning, action, observation, and reflection. The results of this research showed that the application of Inductive Thinking using graphic media can improve students’ learning outcomes in SD Negeri 4 Ngringo especially in social science with the materials of kinds of jobs. It was proven by the percentage of students’ learning mastery before treatment by 65% then increase in the first cycle 72%, in the second cycle 83%, and in the third cycle 86%.

 

Keywords: Inductive Thinking model, graphic media, learning outcomes, social science, elementary schools

 

Abstrak: Penerapan Model Berpikir Induktif dengan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III Negeri 04 Ngringotahun 2015/2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 04 Ngringo khususnya pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan secara kolaboratif selama tiga siklus melewati tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model berpikir induktif dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 04 Ngringo khususnya pada mata pelajaran IPS dengan materi jenis-jenis pekerjaan. Hal tersebut dilihat dari persentase ketuntasan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 65% namun pada siklus 1 persentase ketuntasan siswa menjadi 72%. Sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan siswa menjadi 83% dan pada siklus 3 persentase ketuntasan siswa menjadi 86%

 

Kata kunci: Model Berpikir induktif, Media grafis, IPS SD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.