candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually dengan Media Alat Bantu Hitung Sederhana untuk Meningkatkan Pembelajaran Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas IV SDN 7 Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016.

FINDI JULI ANDREANTO

Abstract


Abstract: Findi Juli Andreanto. The Application of Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Approach Using Simple Counting Tools to Improve Learning about Integers for the Fourth Grade Students of SD Negeri 7 Kebumen in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research are to improve Mathematics learning for the fourth grade students of SDN 7 Kebumen. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of two meetings. Subjects of the research were 18 students of the fourth grade of SD Negeri 7 Kebumen. Techniques of collecting data were test and non-test.This research is finished after the learning process and learning outcomes of students reached minimum completeness criteria of 70 by 80%. The results of this research showed that the application of SAVI approach using simple counting tools can improve Mathematics learning about integers for the fourth grade students of SD Negeri 7 Kebumen in the academic year of 2015/2016.

Keywords: SAVI, simple counting tools, learning, Mathematics

 

Abstrak: Findi Juli Andreanto. Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually dengan Media Alat Bantu Hitung Sederhana untuk Meningkatkan Pembelajaran Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas IV SDN 7 Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV SDN 7 Kebumen. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Kebumen yang berjumlah 18 siswa.Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Penelitian dihentikan setelah hasil pembelajaran siswa mencapai KKM = 70 sebanyak 80% siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan somatic, auditory, visualization, intellectually dengan media alat bantu hitung sederhana dapat meningkatkan pembelajaran Matematika materi bilangan bulat bagi siswa kelas IV SDN 7 Kebumen tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Somatic, auditory, visualization, intellectually, media alat bantu hitung sederhana, pembelajaran, Matematika, bilangan bulat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.