candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN 01 Bojongsari Tahun Ajaran 2015/2016

Ahmad Subhanarrijal

Abstract


Abstrak. Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN 01 Bojongsari Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret pada siswa kelas IV SDN 01 Bojongsari. Penelitian ini merupakan PTK kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dengan media konkret yang dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas V SDN 01 Bojongsari tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: PBL, media konkret, pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.