candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan Media Manipulatif dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 4 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2015/2016

devi sundari

Abstract


Abstract: The Application of Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Using Manipulative Media in Improving Mathematics Learning for the Fifth Grade Students of SD Negeri 4 Tamanwinangun. The objectives of this research is to improve the learning process and learning outcomes of Mathematics learning about fraction. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 23 students of the fifth grade of SD Negeri 4 Tamanwinangun in the academic year of 2015/2016. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Techniques of collecting data were test and non-test. Source of data were derived from students, teacher, researcher and classmates. The result of this research is the application of AIR model using manipulative media can improve Mathematics learning about fraction with minimum completeness criteria of more than 70. It was proved by the increase of learning process and learning outcomes in every cycle.

 

Keywords: Auditory Intellectually Repetition, manipulative media, Mathematics

 

Abstrak: Penerapan  Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Media Manipulatif dalam Peningkatan Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN 4 Tamanwinangun.  Tujuan  penelitian  ini  yaitu untuk meningkatkan proses belajar dan hasil belajar Matematika materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  V SDN  4 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah  23  siswa.  Validasi data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa, guru, peneliti, dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan media manipulatif dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang operasi hitung pecahan dengan KKM ≥ 70. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan proses dan hasil pada tiap siklusnya.

 

Kata kunci: Auditory Intellectually Repetition, media manipulatif, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.