candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD

Yuni Astuti

Abstract


Abstrak: Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang gaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Maron dengan jumlah siswa 23. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes (observasi, wawancara, dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dengan media benda konkret melalui langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan pem-belajaran IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SDN 2 Maron tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: CTL, media benda konkret, IPA

 

Abstract: The Application of (Contextual Teaching and Learning) Approach Using Concrete Media in Improving Natural Science Learning for the Fourth Grade Students of SD Negeri 2 Maron in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research to improve natural science learning about force. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were fourth grade students of SD Negeri 2 Maron in academic year of 2015/2016 totaling 23 students. Techniques of collecting data were test and non-test (observation, interview, and documentation). The results of this research showed that the application of CTL (Contextual Teaching and Learning) approach using concrete media through appropriate steps can improve natural science learning about force for the fourth grade students of SD Negeri 2 Maron in the academic year of 2015/2016.

Keywords: CTL, concrete media, natural science

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.