candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS V SD N 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2015/2016

Fitri Choerunnisa

Abstract


Abstract: The Use of Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) in Improving Reading Comprehension for the Fifth Grade Students of SD Negeri 3 Tamanwinangun in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research is to improve reading comprehension for the fifth grade students of SD Negeri 3 Tamanwinangun in the academic year of 2015/2016. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR). Procedures of this research are planning, action, observation, and reflection. The treatment was conducted within three cycles in two meetings. Subjects of the research were 37 second semester students of the fifth grade in SD Negeri 3 Tamanwinangun. The result of this research showed that the use of SQ3R method can improve students’ reading comprehension skills. It was proved by the increase of reading comprehension score in every cycles. In the first cycle 62.83%, in the second cycle 79.11%, and in the third cycle 91.71%.

Keywords: reading comprehension skills, SQ3R

 

Abstrak: Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman bagi Siswa Kelas V SD N 3 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik kolaboratif. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus dua pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas V SD N 3 Tamanwinangun semester 2 sejumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukan penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan nilai tes tertulis siswa diketahui persentase siswa yang tuntas mengalami peningkatan yaitu dari  kondisi awal 40,54% menjadi 62,83% pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,11%, dan pada siklus III menjadi 91,71%.

Kata Kunci: keterampilan membaca pemahaman, SQ3R.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.