candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKATENTANG BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 KARANGANAYAR TAHUN AJARAN 2014/2015

nur laeli

Abstract


Abstrak: Penggunaan Model Kontekstual untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas III SDN 3 Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan menerapan pembelajaran dengan model kontekstual dalam meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan cacah pada siswa kelas III SD dan menemukan kendala serta solusi selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan model kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan cacah pada siswa kelas III. Kendalanya yaitu: siswa malu bertanya, beberapa siswa pasif dalam diskusi kelompok, dan kurang percaya diri saat presentasi. Solusinya ialah: memotivasi siswa, dengan mengajak siswa bermain dengan tujuan lebih mengenal sikap dan kepribadian siswa, mengarahkan siswa untuk bekerja sama dengan kelompok sesuai dengan nama buah, dan membimbing siswa saat  menyampaikan presentasi.

 

Kata kunci: Model Kontekstual, Pembelajaran Matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.