candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA MAJALAH ANAK-ANAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JOGOPATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Tika Nurkarimah

Abstract


Abstract: Using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) methods by Magazine Children Media to Improve Reading Interests and Skills Grade IV Elementary School 1 Jogopaten in Academic Year 2014/2015. The purpose of this study is to increase interest and reading skills . This study is a collaborative classroom action research conducted in two cycles. This study uses four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this study is the fourth grade students at SDN 1 Jogopaten the academic year of 2014/2015. The validity of the data using triangulation techniques such as triangulation of data sources and data collection techniques. Source of data in this study are students, fourth grade teacher, researcher, and colleagues. Data collection techniques were used that test and non test. The results showed that the application of the CIRC with children's magazines media can increase the interest and skills of reading with a score questionnaire interest in reading increased by 12.73%. While the percentage of mastery of reading skills increased by 11.12%. Keywords: CIRC, children's magazines, interests, reading skills Abstrak: Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Media Majalah Anak-Anak untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jogopaten Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Jogopaten tahun ajaran 2014/2015. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru kelas IV, peneliti, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CIRC dengan media majalah anak-anak dapat meningkatkan minat dan keterampilan membaca dengan skor angket minat membaca mengalami peningkatan sebesar 12,73%. Sedangkan persentase ketuntasan keterampilan membaca mengalami peningkatan sebesar 11,12%. Kata kunci: CIRC, majalah anak-anak, minat, keterampilan membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.