candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN DISLE (DISCOVERY LEARNING) PERMAINAN BLOK BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN GROGOLBENINGSARI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

ida asrotul mahmudah

Abstract


Abstrak: Upaya Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Disle (Discovery Learning) Permainan Blok Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN Grogolbeningsari Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan Disle Permainan Blok Bilangan, (2) meningkatkan hasil pembelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Grogolbeningsari. Hasil dari penelitian ini adalah (1) langkah-langkah Discovery Learning adalah (a) pemberian rangsangan, (b) pernyataan/ identifikasi masalah, (c) pengumpulan data, (d) pengolahan data, (e) pembuktian, (f) menarik kesimpulan, (2) penggunaan Disle Permainan Blok Bilangan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika terlihat dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I 48%, siklus II 89%, dan siklus III 93%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Disle Permainan Blok Bilangan dapat meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV.

Kata kunci: Disle, permainan blok bilangan, pembelajaran, matematika

 

Abstract: IMPROVING LEARNING MATHEMATICS THROUGH THE USE OF DISLE (DISCOVERY LEARNING) GAME BLOCK NUMBERS IN CLASS IV SDN GROGOLBENINGSARI ACADEMIC YEAR 2014/2015. The purpose of this study were (1) describe the use of Disle Game Block Numbers, (2) increase Mathematics learning outcomes, (3) describe the obstacles and solutions. Research conducted in three cycles. The subjects were students of class IV SDN Grogolbeningsari. Results of this study were (1) the steps Discovery Learning is (a) stimulation, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data procecing, (e) verification, (f) generalization , (2) the use of Disle Game Block Numbers can improve learning outcomes Mathematics look of mastery learning students in the first cycle of 48%, 89% second cycle and third cycle 93%, (3) the problem is that takes a long time. The solution is to divide researchers more time to be consistent with the allocation of time. The conclusions of this study is the use of Disle Game Block Numbers can improve mathematics teaching and learning outcomes in grade IV.
Keywords: Disle, permainan blok bilangan, pembelajaran, matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.