candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA LCD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI TANJUNGSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Tri Handoko

Abstract


ABSTRAK

 

Tri Handoko. PENGGUNAAN MEDIA LCD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI TANJUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2012.

 

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh informasi tentang: 1) Cara menggunakan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013, 2) Peningkatan Pembelajaran dengan menggunakan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013, 3) Kendala dan Solusi penggunaan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber penelitian ini berasal dari peneliti, observer dan siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar.

Hasil penelitian ini yaitu penggunaan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan  belajar dan hasil belajar siswa dari  prasiklus ke siklus I, siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III, terbukti pada siklus I dari 29 siswa ada 19 siswa yang tuntas mencapai nilai KKM (70) dan 10 siswa belum tuntas (dibawah KKM (70), siklus II ada 25 siswa sudah tuntas mencapai nilai KKM (70) dan 4 siswa belum tuntas, pada siklus III 27 siswa sudah tuntas mencapai nilai KKM(70) dan ada 2 siswa yang belum tuntas mencapai nilai KKM. Langkah penggunaan media LCD yaitu: a) Instal LCD, b) Pengaturan Kelas, c) Pemilihan Program, d) Penggunaan Program, e) Penyampaian Materi, f) Pengelolaan Pembelajaran, g)  Penggunaan Metode, h) Pembahasan, i) Kegiatan Evaluasi, dan ij Motivasi.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media LCD dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Tanjungsari kecamatan Kutowinangun kabupaten Kebumen tahun ajaran 2012/2013. Terbukti dengan meningkatnya konsentrasi siswa, keaktifan dan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siklus I sampai siklus III. Saran dalam penggunaan Media LCD yaitu agar lebih sering dipraktikkan dengan persiapan yang baik, memanfaatkan segala kompetensi baik siswa maupun guru.

 

Kata kunci: Media LCD, pembelajaran IPS

 

 

ABSTRACT

 

Tri Handoko. MEDIA USE IN ENHANCING THE LEARNING IPS LCD Class V SD STATE OF LESSONS Tanjungsari 2012/2013. Thesis, Surakarta: the Faculty of Education University of Sebelas Maret Surakarta. October 2012.

 

The research objective is to obtain information about: 1) How to use instructional media IPS LCD in the fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013, 2) Increased learning using learning media IPS LCD in the fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013, 3) Obstacles and Solutions of media use IPS LCD in teaching fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013. This study includes classroom action research. The experiment was conducted during three cycles. Source of this study comes from researchers, observers and students. Data collection tool used is observation and achievement test.

Results of this research is the use of media in teaching IPS LCD fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013 can improve learning and student learning outcomes of prasiklus to the first cycle, the first cycle to the second cycle and cycle II to cycle III, proven in the first cycle of 29 students there are 19 students who completed reaching the KKM (70) and 10 students have not completed (under KKM (70), the second cycle there are 25 students have completed reaching the KKM (70) and four students have not been completed, the cycle III 27 students have completed reaching the KKM (70) and there are two students who have not completed reaching the KKM. Step the use of media in teaching IPS LCD, namely: a) Install the LCD, b) Setting Class, c) Selection Program, d) Use of the Program, e) Submission of materials, f) Management of Learning, g) Use of methods, h) Discussion, i) Evaluation Activities and Motivation ij.

The conclusions of this study is the use of media in teaching IPS LCD fifth grade elementary school districts Tanjungsari Kutowinangun Kebumen district academic year 2012/2013. Evidenced by the growing concentration of students, the activity and rising average value of first cycle study results until the third cycle. Advice in the use of Media LCD namely that more often practiced with good preparation, utilizing all the competencies both students and teachers.

 

Keywords: Media LCD, IPS learning

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.