candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA PENDIDIKAN DI KELAS III SDN 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2014/2015

Fajar Nurhidayat

Abstract


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED)
DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA PENDIDIKAN DI KELAS III SDN 1 PURWOGONDO
TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh:
Fajar Nurhidayat1), Suhartono2), Joharman3)
FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret
e-mail: fnurhidayat23@gmail.com

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS

Abstract. The Implementation of Thematic Learning Model (Webbed) using Visual Media in Improving Education Theme Learning for the Third Grade Students of SDN 1 Purwogondo in the Academic Year of 2014/ 2015. The objectives of this research is to improve education theme learning for the third grade students of SDN 1 Purwogondo in the academic year of 2014/2015 by implementing thematic learning model (webbed) using visual media. Subjects of this research were 36 students of the third grade of SDN 1 Purwogondo. This research implemented within three cycles that consist of planning, action, observation, and reflection The validity of the data using triangulation sources and triangulation techniques. Techniques of collecting data were test, observation, and field note. The implementation of thematic learning model (webbed) using visual media can improve education theme learning for the third grade students of SDN 1 Purwogondo in the academic year of 2014/2015. Passing grade percentage of students result in the first cycle was 58,61%, in the second cycle was 77,28%, in the third cycles was 90,28%.
Keywords: thematic, visual media, education theme

Abstrak. Penerapan Model Pembelajaran Tematik (Webbed) dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Tema Pendidikan di Kelas III SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas III SDN 1 Purwogondo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Penerapan model pembelajaran tematik dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I yaitu 58,61%, siklus II yaitu 77,28%, siklus III yaitu 90,28%.
Kata kunci: tematik, media visual, tema pendidikan


PENDAHULUAN
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dikatakan berhasil apabila guru mampu mengelola kelas dan membuat siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru berupaya melaksanakan pembe-lajaran dengan berbagai macam strategi, model, serta metode pembe-lajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik siswa.
Salah satu tema yang ada di kelas III adalah tema pendidikan. Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi inti pembicaraan atau pembahasan dalam kegiatan pembelajaran (Hajar, 2013: 22). Tema pendidikan sangat cocok dijadikan payung antarkonsep mata pelajaran yang saling berkaitan karena tema pendidikan ini dapat terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari siswa (sesuai dengan yang pernah dilakukan), sehingga akan memudahkan siswa untuk belajar karena sesuai dengan apa yang pernah mereka alami. Pembelajaran adalah suatu kegiatan untuk membuat siswa belajar dengan melibatkan beberapa unsur, baik ekstrinsik maupun intrinsik yang melekat dalam diri siswa dan guru, termasuk lingkungan, guna tercapainya tujuan belajar-mengajar yang telah ditentukan (Prastowo, 2013: 65).
Pembelajaran Tema Pendidi-kan di Kelas III SD adalah proses untuk meningkatkan pembelajaran yang meliputi hasil dan proses belajar tentang materi tema pendidikan dengan melibatkan sumber belajar sehingga siswa mengerti dan paham tentang materi yang ada pada tema pendidikan yang ditandai dengan tercapainya tujuan belajar-mengajar yang telah ditentukan.
Salah satu model pem-belajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar adalah model pembelajaran tematik (webbed). Model pembelajaran tema-tik (webbed) merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, mengeksplorasi, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik, autentik, dan berkesinam-bungan (Rusman, 2012: 250). Model pembelajaran tematik (webbed) me-miliki karakteristik sebagai berikut: (a) berpusat pada siswa; (b) membe-rikan pengalaman langsung; (c) pemi-sahan materi pelajaran tidak begitu jelas; (d) menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran; (e) bersifat fleksibel; (f) dan menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan (Majid, 2014: 89-90).
Selain model pembelajaran yang tepat, guru perlu menggunakan media dalam proses penyampaian ma-teri. Penggunaan media dapat mem-bantu siswa dalam menggambarkan hal-hal yang abstrak menjadi lebih nyata. Media visual merupakan salah satu media yang cocok diterapkan khususnya di kelas rendah. Media visual adalah media yang dapat dipandang atau dilihat dan dapat disentuh oleh siswa, misalnya gambar, foto, benda sesungguhnya, peta, miniatur, dan realia (Suyanto , 2010: 102).
Model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual merupakan penerapan suatu desain pembelajaran dengan cara mengait-kan beberapa mata pelajaran menjadi suatu tema dan memberikan pengala-man visual yang nyata kepada siswa sehingga siswa aktif mencari, menggali, mengeksplorasi, dan mene-mukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik, autentik, dan ber-kesinambungan.
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada kegiatan belajar mengajar di kelas III SDN 1 Purwogondo pada tanggal 23 Januari 2015, pelaksanaan pembelajaran tematik belum berjalan dengan maksimal. Guru kesulitan dalam memilih indikator dan materi yang akan ditematikkan sehingga guru masih memberi pembelajaran secara terpisah Padahal di kelas rendah seharusnya menggunakan pembelaja-ran tematik. Selain itu, terjadi kesen-jangan pada hasil belajar siswa kelas II. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil pretest, yaitu 66,08. Hasil pretest menunjukkan belum tercapai-nya KKM, yaitu 70 pada setiap mata pelajarannya. Melihat kesenjangan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian guna meningkatkan pembe-lajaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media visual.
Rumusan masalah dari pene-litian ini berdasarkan uraian di atas adalah apakah model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dapat meningkatkan pembe-lajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan media visual

METODE PENELITIAN
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 1 Purwogondo, kecamatan Kuwarasan, kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas III yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015, dari bulan Januari 2015 sampai dengan bulan Juli 2015. Validitas data mengguna-kan triangulasi yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik berupa observasi, catatan lapangan, dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan tes hasil belajar siswa. Tria-ngulasi sumber yang digunakan yaitu guru, siswa, dan observer. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penya-jian data, dan penarikan kesimpulan.
Peneliti mengambil data beru-pa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan tu-juan untuk mengetahui statistika pe-ningkatan proses dan hasil belajar te-ma pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, rubrik, observasi, dan catatan lapangan. Data kualitatif digunakan untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media visual dalam pening-katan pembelajaran tema pendidikan di kelas III SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2014/2015 yang diperoleh melalui catatan lapangan.
Indikator kinerja yang diha-rapkan tercapai dalam penelitian ini, yaitu ketuntasan pembelajaran tema pendidikan mencapai target 85%. Prosedur penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari: (a) refleksi awal; (b) studi pendahuluan; (c) perencanaan; (d) tindakan; (e) observasi; (f) dan refleksi.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Peningkatan pembelajaran te-ma pendidikan melalui penerapan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media visual dilaksana-kan selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan mul

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.