candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 KALIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Siti Nur Fadhilah

Abstract


Abstract: The application of Think Pair Share model with graphic media in improving reading skill comprehension for the fourth grade students of SDN 2 Kalirejo in the academic year of 2014/2015. The objectives of this study to improve reading skill comprehension in grade IV through Think Pair Share model with graphic media. This study is categorized as a collaborative classroom action research conducted within three cycles consisting the following steps planning, implementation, observation and reflection. The subject of the study were 32 fourth grade students of SDN 2 Kalirejo. The data collection techniques were tests, observation, interviews and documentation. The result of the study show that the application of Think Pair Share model with graphic media improved reading skill comprehension for the fourth grade students of SDN 2 Kalirejo in the academic year of 2014/2015.

Keywords: Think Pair Share, graphic media, reading skill comprehension

 

Abstrak: Penerapan Model Think Pair Share dengan Media Grafis dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SDN 2 Kalirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD dengan menerapkan model Think Pair Share dengan media grafis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Think Pair Share dengan media grafis meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo tahun ajaran 2014/2015

Kata kunci: Think Pair Share, media grafis, keterampilan membaca pemahaman

                                                                          


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.