candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN KALIJAMBE TAHUN AJARAN 2014/2015

Khayati Amalin

Abstract


PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA BENDA KONKRET
DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V
SDN KALIJAMBE TAHUN AJARAN 2014/2015

Khayati Amalin 1, Wahyudi 2, Ngatman 3
1 Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret
2, 3 Dosen PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret
PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Jl. Kepodang 67 A Panjer Kebumen
e-mail: khayati.amalin@yahoo.com


Abstract: The Application of Scientific Approach using Concrete Object Media in Improving Mathematic Learning about Geometry for the Fifth Grade Students of SDN Kalijambe in the Academic Year of 2014/2015. The objectives of the research are to describe the steps in the application of scientific approach using concrete object media, to describe the improvement of Mathematic learning about geometry, to describe the problems and solutions. This research is a collaborative classroom action research which is conducted in three cycles, each cycle consist of planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of the research were the 29 students of the fifth grade of SDN Kalijambe. The results of the research show that the application of scientific approach using concrete object media can improve Mathematic learning about geometry for the fifth grade students of SDN Kalijambe in the academic year of 2014/2015.

Keywords : scientific approach, concrete object media, Mathematic learning

Abstrak: Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Kalijambe Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret, mendeskripsikan peningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang, mendeksripsikan kendala dan solusinya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalijambe yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015.

Kata kunci: pendekatan saintifik, media benda konkret, pembelajaran Matematika

PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan bangsa sehingga mutu pendidikan harus ditingkatkan. Upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dilakukan melalui berbagai cara seperti pembaruan kurikulum, per-baikan sistem pengajaran, perbaikan sarana maupun prasarana pem-belajaran, serta peningkatan kemam-puan dan kualitas guru.
Guru dianggap sebagai faktor utama yang paling berpengaruh ter-hadap peningkatan mutu pendidikan karena guru merupakan komponen yang sangat menentukan dalam pro-ses pembelajaran di kelas. Maka dari itu, guru dituntut untuk menciptakan proses pembelajaran yang kondusif sehingga guru harus pandai memilih pendekatan dan media pembelajaran yang tepat. Pemilihan tersebut harus diperhatikan pada semua mata pe-lajaran, tidak terkecuali pada mata pelajaran Matematika.
Wahyudi (2008: 3) mengemu-kakan bahwa Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebe-naran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelum-nya yang sudah diterima sehingga ke-benaran antarkonsep dalam Matema-tika bersifat sangat kuat dan jelas. Matematika harus diajarkan sejak SD karena Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan manusia serta dalam perkembangan ilmu pe-ngetahuan dan teknologi. Maka dari itu, guru harus bisa menciptakan pem-belajaran Matematika yang menarik, menyenangkan dan bermakna. Pem-belajaran Matematika akan menarik, menyenangkan dan bermakna jika diajarkan dengan pendekatan yang te-pat disertai media yang menarik.
Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas V SDN Kalijambe pada hari Sabtu, 22 November 2014 diperoleh hasil bahwa pembelajaran Matematika yang diterapkan masih menggunakan pendekatan yang ber-pusat pada guru sehingga banyak siswa yang pasif dan belum aktif bertanya jika tidak paham dengan materi yang disampaikan guru. Sela-in itu, guru kurang menggunakan me-dia pembelajaran yang bervariasi da-lam menyampaikan materi Mate-matika. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dan kadang kurang memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga berdam-pak pada hasil belajar yang belum memuaskan. Terbukti dari nilai rata-rata kelas pada Ulangan Tengah Semester 1 kelas V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015 untuk mata pelajaran Matematika yang masih rendah yaitu 64,48.
Kondisi tersebut menyebabkan perlunya diterapkan pendekatan yang tepat supaya siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan mema-hami materi yang disampaikan guru dengan baik supaya hasil belajar sis-wa dapat meningkat. Salah satu pen-dekatan yang dapat diterapkan yaitu melalui pendekatan saintifik.
Hosnan (2014: 34) menyata-kan bahwa pendekatan saintifik di-maksudkan untuk memberikan pema-haman kepada siswa dalam mengenal dan memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari ma-na saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru.
Menurut Gerde, Schachter, & Wasik (2013: 317) the scientific method includes: (1) observing, (2) asking questions, (3) generating hypothesis, (4) experimentation, (5) summarizing, (6) communicating dis-covery and process to others, (7) identifying a new question. Using the scientific method to explore science with young children provides a syste-matic model for engaging children in observation, questioning, predicting, experimenting, summarizing, and sharing results. These processes en-courage children’s use of language, literacy, and mathematics skills in authentic ways. Metode ilmiah meliputi:(1) mengamati, (2) menanya, (3) membuat hipotesis, (4) mencoba, (5) menganalisis data, (6) mengkomu-nikasikan hasil dan proses, (7) mem-berikan kesempatan bertanya. Meng-gunakan metode ilmiah untuk meng-eksplorasi ilmu kepada anak-anak memberikan cara sistematis untuk melibatkan anak pada kegiatan me-ngamati, menanya, memprediksi, eks-perimen, menyimpulkan, dan meng-komunikasikan. Proses ini mening-katkan penggunaan bahasa pada anak-anak, keterampilan membaca, dan keterampilan berhitung.
Kemendikbud (2014: 19) menyatakan bahwa berdasarkan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV, pendekatan sain-tifik dalam proses pembelajaran terdiri atas lima pengalaman belajar pokok yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasi, dan mengkomunikasikan.
Melalui pendekatan saintifik tersebut diharapkan siswa mendapat pengalaman belajar sendiri sehingga siswa dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan guru.
Selain pendekatan yang tepat, pemilihan media pembelajaran juga harus diperhatikan oleh guru. Salah satu jenis media yang paling efektif digunakan untuk mengikutsertakan berbagai indera dalam belajar dan membantu siswa memahami materi pelajaran yang diberikan guru yaitu media benda konkret atau nyata. Menurut Asyhar (2011: 54) “Benda nyata adalah benda yang dapat dilihat, didengar, atau dialami oleh peserta didik sehingga memberikan penga-laman langsung kepada mereka.” Dengan media benda konkret, diha-rapkan materi pelajaran yang disam-paikan guru akan lebih jelas dan manarik untuk dipelajari oleh siswa.
Berdasarkan uraian di atas, ru-musan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana langkah-langkah penerapan pendekatan saintifik de-ngan media benda konkret dalam pe-ningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa ke-las V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015? (2) apakah penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015? (3) apa saja kendala dan solusi pada penerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pe-nerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret dalam pening-katan pembelajaran Matematika ten-tang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015, (2) mendeskripsikan pe-ningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang melalui pe-nerapan pendekatan saintifik dengan media benda konkret pada siswa kelas V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015, (3) mendeskripsikan ken-dala dan solusi pada penerapan pen-dekatan saintifik dengan media benda konkret dalam peningkatan pem-belajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Kalijambe tahun ajaran 2014/2015.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.