candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

DWI ARI ISTIANTO

Abstract


Dwi Ari Istianto1,Triyono2, Kartika Chrysti Suryandari3

PGSD FKIP Universitas Negeri Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen

Email Dawiraries@rocketmail.com

  1. Mahasiswa PGSD FKIP UNS
  2. Dosen PGSD FKIP UNS

 

Abstract: Using Inquiry Methods in Increasing  Result of Mathematic Study in five grade of Elementary School. The purpose of this research were (1) to describe steps of inquiry method in increasing  result of mathematic study in five grade of Elementary School, (2) identify constraints and solutions using inquiry methods in increasing  result of mathematic study in five grade of state elementary school. This study is classroom action research (CAR) conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The data were analysis using Miles and Huberman interactive model consist of three components are: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results showed that (1) the steps of inquiry method can be run apropriate to the scenario, (2) using inquiry method can increasing  result of mathematic study in five grade of Elementary School. Increasing  result of mathematic study from pre-test were 40%, in the first cycle were 60%, in the second cycle were 73% and the third cycle increase until 80%.

Key words: result of study, mathematic, inquiry method

 

Abstrak: Penggunaan Metode Inkuiri dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendiskripsikan langkah-langkah metode inkuiri dalam peningkatan hasil belajar Matematika kelas V sekolah dasar, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan langkah-langkah metode Inkuiri kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan teknik  interaktif  model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penggunaan langkah-langkah metode Inkuiri dapat berjalan sesuai skenario, (2) penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Peningkatan hasil belajar matematika dari pratindakan mencapai 40%, di siklus I 60%, di siklus II 73% dan siklus III meningkat menjadi 80%.

 

Kata Kunci: metode Inkuiri, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.