candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN 2 ABEAN TAHUN AJARAN 2013/2014.

AGUS SUNARYO

Abstract


Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang masalah sosial pada Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dalam meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus ada dua pertemuan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS tentang masalah sosial pada siswa kelas IV. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa tiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 57, siklus II meningkat menjadi 70 dan pada siklus III mencapai 78.

 

Kata Kunci: Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Hasil Belajar, IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.