candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SIDAYU TAHUN AJARAN 2013/2014

Khikmah Wakhyuni

Abstract


Abstract: Using the Contextual Model Audio Visual Media in the Improvement of Science Teaching Fifth Grade Elementary School Students Academic Year 2013/2014. This study aims to improve science teaching through the use of contextual models with audio-visual media. This study uses action research conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The research subject of this class action is fifth grade students of SDN 2 Sidayu totaling 17 students. The results showed Peggunaan contextual models with audio-visual media can enhance science teaching fifth grade elementary school students.

 

Keywords: Contextual Model, Audio Visual Media, Learning Science

 

Abstrak: Penggunaan Model Kontekstual dengan Media Audio Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPA melalui penggunaan model kontekstual dengan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN 2 Sidayu yang berjumlah  17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peggunaan model kontekstual  dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: Model Kontekstual, Media Audio Visual, Pembelajaran IPA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.