candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI INQUIRI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD

BUDI SETIYONO

Abstract


Abstrak: Penggunaan Model Group investigation dengan Strategi Inquiri dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Kelas V SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur penggunaan model group investigation dengan strategi inquiri serta untuk mengetahui peningkatan pembelajarannya. Teknik penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model group investigation dengan strategi inquiri dengan strategi inquiri dapat meningkatkan pembelajaran IPA Kelas V SD.

 

Kata Kunci : Group investigation, Strategi Inquiri, IPA

 

Abstract: Using Group investigation Model with Improved Learning Strategy inquiri in Science Class V SD. The purpose of this study is to describe the procedures for using the model of group investigation inquiri strategies and to determine the increase in learning. Engineering research is Classroom Action Research (CAR), which carried out the three cycles and each cycle consisted of three meetings. The results of this study indicate that the use of the model group investigation with inquiri strategies can enhance science learning Class V SD.


Keywords: Group investigation, Strategy Inquiri, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.