candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN 2 SIDOGEDE

prasanah prasanah

Abstract


Abstract: Effort the Increase of Learning Social Studies Pass Through Make A Match Technique At The Fifth Grade Students Of SDN 2 Sidogede. The purpose of this study are to describe the steps in effort the increase of learning social studies, find out the increase of learning social studies, and to find constraint and solution in the increase of learning social studies pass through make a match technique. The research was conducted in three cycles with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects are  students from the fifth grade of elementary school. Sources of data used in this study were students, teachers, and observers . The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. The conclusion of this study is  learning social studies at the fifth grade students of SDN 2 Sidogede in the academic year 2013/2014 can improve pass through cooperative learning make a match technique.

 

Key words : make a match, learning, social studies

 

Abstrak: Upaya Peningkatan Pembelajaran IPS melalui Teknik Make A Match  pada Siswa Kelas V SDN 2 Sidogede. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam upaya peningkatan pembelajaran IPS, mengetahui peningkatan pembelajaran IPS, dan untuk menemukan kendala dan solusi dalam upaya peningkatan pembelajaran IPS melalui model kooperatif teknik make a match. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sidogede tahun pelajaran 2013/2014 dapat ditingkatkan melalui model kooperatif teknik make a match.

 

Kata kunci: pembelajaran, IPS, make a match


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.