candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN SENI MUSIK DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKAATAN MEMBACA NOT BALOK PADA SISWA KELAS VI SDN 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2013/2014

mahmud mahmud

Abstract


Abstract: Learning Music by Using Multimedia to Improve Reading Music Notation Sixth Grade Students Of SDN 3 Tamanwinangun in The Academic Year 2013/2014. The purpose of this study was to describe the use of multimedia in a musical note and the increasing of students’ability to read music notation. The research was conducted in three cycles with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were  students from the sixth graders of SDN. Sources of data used in this study were students, teachers, and observers . The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. The conclusion of this study is by using multimedia as prejected can improve  the sixth grader of SDN 3 Tamanwinangun students achievement in reading musical notation in the academic year 2013/2014.

 

Key words : Multimedia , reading, musical notation

 

Abstrak: Pembelajaran Seni Musik dengan Multimedia dalam Peningkaatan Membaca Not Balok  pada Siswa Kelas VI SDN 3 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan penggunaan multimedia dalam peningkatan membaca not balok dan mendeskripsikan peningkatkan kemampuan membaca not balok. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Simpulan penelitian ini adalah pengggunaan multimedia yang dilaksanakan sesuai skenario dapat meningkatkan membaca notasi balok pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: Multimedia, membaca, notasi balok


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.