candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL CTL DENGAN MEDIA MANIK-MANIK DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Adiasih Adiasih

Abstract


Abstrak: Penggunaan Model CTL dengan Media Manik-manik dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Puliharjo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model CTL dengan media manik-manik serta meningkatkan  pembelajaran Matematika siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model CTL dengan media manik-manik dapat meningkatkan pembelajaran Matematika. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model CTL dengan media manik-manik dapat meningkatkan pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Puliharjo.

 

Kata kunci: model CTL, media manik-manik, pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.