candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2013/2014

sofia apriyati

Abstract


Abstrak: Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran matematika.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Peningkatan, Matematika. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.