candi borobudur kerajaan di indonesia

APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN INKUIRI TERBIMBING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN SIDOMULYO TAHUN AJARAN 2013/2014

AGUS WIJIUTAMI

Abstract


Abstrak: Aplikasi Model Pembelajaran Kontekstual dengan Inkuiri Terbimbing dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI SDN Sidomulyo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan inkuiri terbimbing siswa kelas VI SDN Sidomulyo tahun ajaran 2013/2014; (2) menjelaskan bahwa aplikasi model pembelajaran kontekstual dengan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu siswa kelas VI sejumlah 24 siswa. Simpulan penelitian ini adalah aplikasi model pembelajaran kontekstual dengan inkuiri terbimbing dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan hasil pembelajaran  matematika siswa kelas VI SDN Sidomulyo.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, hasil pembelajaran matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.