candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL ASSURE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 AMBALRESMI TAHUN AJARAN 2013/2014

jumiati jumiati

Abstract


Abstract: Application of ASSURE Models to Improving Social Studies Learning at Five Grade Student of SD Negeri 1 Ambalresmi Academic Year 2013/2014. The purpose of this study was to improving social studies learning about Indonesian nation buffetings agin colonizer through application of ASSURE model at five grade student of SD Negeri 1 Ambalresmi academic year 2013/2014. This research is a classroom action research (CAR) collaborative. Research carried out for three cycles. Source of data derived from researchers, observers, students, teacher and document. The results showed that the application of ASSURE models can improve the student Social Studies learning at five grade student of SD Negeri 1 Ambalresmi academic year 2013/2014. In sircle I 56,9% student result increase, sircle II increase become 75,87% and sircle III become 93,1%. The conclusions of this research is the application of the ASSURE is carried out with the right steps to improve Social Studies learning five grade students of SD Negeri 1 Ambalresmi academic year 2013/2014.

 

Keywords: ASSURE models, learning, Social Studies

 

 

Abstrak: Penerapan Model ASSURE dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ambalresmi Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang Perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah melalui penerapan model ASSURE pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ambalresmi Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber data berasal dari peneliti, observer, guru,  siswa dan dokumen. Hasil penelitian pada siklus I 56,9% siswa mencapai KKM, siklus II meningkat menjadi 75,87% dan siklus III meningkat menjadi 93,1%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model ASSURE yang dilaksanakan dengan langkah-langkah yang benar dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ambalresmi tahun ajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci: model ASSURE, pembelajaran, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.