candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WIDARAPAYUNG WETAN 02 TAHUN AJARAN 2013/2014

Ipnu Eko Yulianto

Abstract


Abstract: THE USE OF COOPERATIVE MODEL TYPE COOPERATIVE SCRIPT IN IMPROVING SOCIAL STUDIES LEARNING AT 5th GRADE STUDENT OF SD NEGERI WIDARAPAYUNG WETAN 02 ACADEMIC YEAR 2013/2014. The purpose of this research is to improve the social studies lesson preparation materials struggle against Dutch colonialism fifth grade elementary school students to use cooperative model type cooperative script. This study was conducted in three cycles. Each cycle consists of the planning, execution, observation, and reflection. The results of this research is the increasing process and student learning outcomes. The subjects were fifth grade elementary school students. Data sources of this study are students, teachers, observers, and documents. Data was collected with tests and non-test techniques. The validity of the data using triangulation  of sources andt riangulation techniques. Conclusion of research is the use of cooperative learning model type cooperative script can improving social studies learning in fifth grade elementary school students.

 

Keywords: cooperative script, improved learning, social studies

 

Abstrak: Penggunaan Model Kooperatif Tipe Cooperative Script  dalam Peningkatan Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Widarapayung Wetan 02 Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada materi perjuangan melawan penjajahan Belanda  siswa kelas V SD dengan penggunaan model kooperatif tipe cooperative script. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu meningkatnya proses dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, observer dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD.

 

Kata kunci: cooperative script, peningkatan pembelajaran, IPS

Full Text:

Untitled PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.