candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA PANCAGRAM DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR SISWA SEKOLAH DASAR

Latri Fitriana

Abstract


Oleh:

Latri Fitriana1, Nofi Ludiyati2, Wahyudi3, H. Setyo Budi4

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

e-mail: fitrianalatri@yahoo.co.id

Abstrak: Penggunaan Metode Inkuiri dengan Media Pancagram dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan pemahaman matematika khususnya bangun datar di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Metode Inkuiri dengan Media Pancagram dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran matematika materi bangun datar di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Metode, media, inkuiri, matematika, pancagram.

 

Abstract: The Using Inquiri method with Pancagram Media in Increasing Mathematic Learning About Flat Shape. The purpose of this research is increasing mastery mathematic aboaut flat shape. This research is classroom action research. The result of the research is Inquiri method with  Pancagram media can increase mathematic learning at Elementary School.

Keyword: Method, media, inkuiri, mathematics, pancagram

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.