candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD

mokhamad kharis

Abstract


Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS di Kelas IV SD. Penggunaan metode pembelajaran yang tidak variatif dalam pembelajaran IPS menyebabkan rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Agar hasil belajar lebih baik, guru menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan membuat siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran IPS. Pemilihan metode yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VI. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS di kelas IV.

 

Kata Kunci: Group Investigation, Hasil Belajar, IPS.

 

Abstract: The Use of Models Cooperative Learning tipe Group Investigation in Improve The Learning Outcomes IPS in The Class IV Elementary School. The use of learning method not variative in the learning IPS to effect the lack of understanding and student learning outcomes. In order to better learning outcomes IPS, teacher create a more effective learning and keep student actively partcipate in the learning IPS. Selection of the appropriate method is an alternative that can be taken. The purpose of this study was to describe the use of models cooperative learning tipe group investigation in improve the process and learning outcomes IPS in the class IV. This study uses classroomaction research techniques. The results showed that the use of models cooperative learning tipe group investigation, can improve the process and learning outcomes IPS in the class IV.

Keyword: Group Investigation, Learning Outcomes, IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.