candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BRECONG

Alamin Wahid

Abstract


Oleh:

Al’amin Wachid1, Joharman2, H. Setyo Budi3

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

1 Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNS

2, 3 Dosen S1 PGSD FKIP UNS

email: mtpagi@gmail.com

Abstract: The Application of Cooperative Model Team Assisted Individualization (TAI) Type in Increasing Mathematics Learning About Fraction Number VI Grade Student SDN 2 Brecong. The purpose of this researh was increasing fraction number learning in 6th grade of state elementary school. This research uses classroom action research techniques. This research conducted in three cycles consist of planning, action, observation, and reflection. The Subjects is 6th grade of SD Negeri 2 Brecong that total 38 students. Data sources are teachers, students, and colleagues. Techniques of collecting data through observation, interviews, and tests. The validity of the data using triangulation techniques and techniques of data sources. The results showed that the application of the TAI can increasing fraction number learning in 6th grade students of state elementary school.

 

Keywords: Team Assisted Individualization, learning, mathematics.

 

Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas VI SD. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas VI SD. Penelitian  ini  menggunakan Penelitian  Tindakan  Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Brecong yang berjumlah 38 siswa. Sumber data adalah guru, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model TAI dapat meningkatkan  pembelajaran bilangan pecahan siswa kelas VI SD.

 

Kata kunci: Team Assisted Individualization, pembelajaran, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.