candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN CANDIWULAN KECAMATAN ADIMULYO TAHUN AJARAN 2012/2013

apriyanto riyadi nugroho

Abstract


Abstract: Cooperative Method Student Teams Achievement Divisions (STAD) Application in Improving Outcomes Sains Studies Student Class IV SDN Candiwulan District Adimulyo Academic Year 2012/2013. This study the purpose 1) to describe application cooperative method type STAD it’s can improving outcomes studies Sains, 2) to find out improvement outcomes studies Sains above energy by application cooperative method type STAD. This research is a classroom action research (CAR) for three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The results show that: 1) cooperative method type STAD application can be run according to the scenario, 2) cooperative method type STAD  application can improving outcomes studies Sains student class IV SDN Candiwulan District Adimulyo academic year 2012/2013.  In the pre-action mastery percentage reached 27,59% of new students, having performed the action in the first and second cycle of students completeness percentage increased to 96,55%, in the cycle increased to 100%.

Keywords: Cooperative Method STAD, Improving Outcomes Studies, Sains

Abstrak: Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Candiwulan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan penggunaan metode kooperatif STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang energi melalui penggunaan metode kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat berjalan sesuai skenario, 2) penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Candiwulan tahun ajaran 2012/2013. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 27,59%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dan II persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 96,55%, dan siklus III meningkat menjadi 100%.

 

Kata Kunci: metode kooperatif tipe STAD, peningkatan hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.