candi borobudur kerajaan di indonesia

Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD

Agus Hadi Saputro

Abstract


Abstract: The Using Contextual Learning in Increase Mathematics Learning in Fourth Class Elementary Schools. This research have purpose to increase Mathematics learning using contextual learning of shape in the fourth class elementary schools. This research is a classroom action research was conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The data analysis technique consists of three components, that is data reduction, data display, and conclusion or verification. The results showed that the use of contextual learning can increase Mathematics learning of geometry in the fourth class elementary schools.

Keywords: Contextual Learning, Mathematics learning, geometry

 

Abstrak: Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual tentang bangun ruang di kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang siswa kelas IV SD.

 

Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, pembelajaran Matematika, bangun ruang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.