candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Pembelajaran Literasi Dalam Peningkatan Membaca Kalimat Dengan Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013

subadriyah subadriyah

Abstract


Oleh:

Subadriyah1, Triyono2, Joharman3

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

e-mail: ncup_upye@yahoo.com

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran literasi dalam peningkatkan membaca kalimat dengan aksara jawa siswa kelas IV SDN Kenoyojayan Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Simpulan penelitian ini Penerapan model pembelajaran literasi dapat meningkatkan kemampuan membaca kalimat dengan aksara jawa siswa kelas IV

 

Kata Kunci: Model pembelajaran literasi, membaca kalimat, aksara jawa.

Abstract: The purpose of this study To describe the application of the model in improving read sentences with java script fourth grade students of SDN Kenoyojayan Academic Year 2012/2013. This research is a classroom action research and implemented in three cycles with each cycle consisting of two meetings. Each meeting consists of planning, action, observation, and reflection. Source data came from students, peers, teachers, and documents. Data collection techniques are observation, interviews, and tests. The validity of the data using triangulation techniques and sources. Analysis of the data in this study is qualitative and quantitative data analysis. Conclusions: The application of research literacy learning model can improve the ability to read a sentence with java script
Keywords: literacy learning of models, sentences reading, java script.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.