candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 MAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Rani Darojah

Abstract


Abstract: The use ofquantum teaching technique to improve the learning competence of mathematic in fragment topic to the students of Elementary School in the Class IV. The aims of this research was to describe the use of quantum teaching to improve the learning process of mathematic in fragment topic to the students in the class IV.The subject of the research was the 25 students of elementary students in the class IV. It was a collaborative Classroom Action Research in which the writer did some steps in each cycle, namely: planning, acting, observing, and reflecting. The result of the research showed that the proper implementation of quantum teaching technique could improve the student’s competence of mathematic in fragment topic, the improvement could be proved by the facts that the teacher got scores 86,3% and the 92% of students scores were above the criteria minimum scores.

Key words: quantum teaching technique, mathematic, and fragment

 

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran quantum teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan pada Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan  model pembelajaran quantum teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang pecahan di  kelas  V SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan di kelas IV Sekolah Dasar, yang dibuktikan dengan hasil observasi pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching oleh guru mencapai 86,3% dan persentase ketuntasan siswa mencapai 92%.

 

Kata kunci:  quantum teaching, pembelajaran matematika, pecahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.