PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 4 Karangduwur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Karangduwur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, sumber, metode dan alat. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD N 4 Karangduwur Tahun Ajaran 2012/2013.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.