PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING DENGAN BENDA NYATA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract: Application of guide inquiry method with real things in increase peaces learning of fourth grade students elementary school. This Research aimed is describe applied of guide inquiry with real things in increase peaces learning of fourth grade elementary school. This research is a collaborative action research with conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research were the fourth grade students of SDN 2 Waluyorejo which consist of 27 students, .The results show that The Application of Guide Inquiry Method with Real Things can Increase Peaces Learning of Fourth Grade Students.
Keywords: Guide Inquiry Method, Increase Learning, Pieces Number
Abstrak: Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing dengan Benda Nyata dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan penerapan metode inkuiri terbimbing dengan benda nyata dalam peningkatan pembelajaran pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Waluyorejo yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing dengan benda nyata dapat meningkatkan pembelajaran Pecahan bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Metode Inkuiri Terbimbing, Peningkatan Pembelajaran, Bilangan Pecahan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.