candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD

pawit khotibin

Abstract


Abstract: The Using of Contextual Teaching and Learning (CTL) with   in Improving the Science learning at Thethird Grade of State Elementary School. The purposes of this research are to describe the using of Contextual Teaching and Learning (CTL) in improving match learning about shapes at the third gradeof state elementary school, to describe improving the match learning about shapes the using of Contextual Teaching and Learning (CTL) at the third grade of state elementary school, and to describe obstacle and solution the using Contextual Teaching and Learning (CTL) in match learning about shapes at the third gradeof state elementary school. This research was collaborative classroom action research. The experiment was conductedin thirdcyclesandeachcycleconsisted ofplanning, implementation, observation, andreflection. The subjects of research were students at the third grade of elementary school. The techniques collectingdata used observation, interviews, and tests.The validity ofthe data used triangulation. The result ofresearch could concluded that the using of Contextual Teaching and Learning (CTL) with could improve the match learning at the third grade state elementary school.

Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), learning, shapes

Abstrak: Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika  tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam peningkatan pembelajaran matematika  tentang bangun datar  siswa kelas III SD, mendeskripsikan peningkatan pembelajaran matematika  tentang bangun datar  dengan penggunaan pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas III SD, dan mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam peningkatan pembelajaran  matematika  tentang bangun datar  siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan  Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pembelajaran matematika  siswa  kelas III SD.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.