candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SELANG

Arum Tri Subarkah

Abstract


Abstract: Using Contextual Approach Teaching And Learning (CTL) Concrete Objects In The Media Learning Improvement Grade Students Build Space On Elementary School 1 of Selang Grade IV School Year 2012/2013. The purpose of this study are  describe the step-by-step approach to media CTL concrete objects, dincrease in learning outcomes Build Space on the fourth grade students on elementary school  1 of  Selang school year 2012/2013, and describes the obstacles and solutions. This research is a classroom action research (CAR) using a design collaboration with the research cycle. Subject of this study fifth grade students on elementary school  1 of  Selang which has 21 students. In learning process the first cycle, percentage learning reached 85,71%, in the second cycle 90,47% and the third cycle increase to 9,25%.

 

Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Concrete Media Objects, Build Space.

 

Abstrak: Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Media Benda Konkret Dalam Peningkatanpembelajaran Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Selang Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan pendekatan CTL dengan media benda konkret, peningkatan hasil belajar Bangun Ruang pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Selang tahun ajaran 2012/2013, dan  kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Selang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran bangun ruang bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada proses pembelajaran siklus I persentase pembelajaran mencapai 85,71%, pada siklus II mencapai 90,47%, dan pada siklus III meningkat menjadi 9,25%.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Bangun Ruang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.