candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU KATA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V

Pratowo Wijatmoko

Abstract


Abstract: The use of Model Cooperative Learning Techniques to Make a Match with Media Card Words in Social Learning Improvement of 5th Grade Students Elementary School. The purpose of this research is to improve the social studies lesson preparation materials Indonesian independence fifth grade elementary school students to use cooperative learning techniques make a match with the media card. This study was conducted in three cycles. Each cycle consists of the planning, execution, observation, and reflection. The subjects were fifth grade elementary school students. Data sources of this study are students, teachers, and observers. Data was collected with tests and non-test techniques. The validity of the data using triangulation techniques and triangulation of data collection sources. Conclusion of research is the use of cooperative learning techniques make a match with the media card can enhance learning in the social studies fifth grade elementary school students.

Keywords: Techniques to Make a Match, Media card word, Improved social studies learning

 

Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match dengan Media Kartu Kata dalam Peningkatan Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS dengan materi persiapan kemerdekaan Indonesia  siswa kelas V SD dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dengan media kartu kata. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi pengumpulan sumber. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dengan media kartu kata dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD.

 

Kata kunci: Teknik Make A Match, Media kartu kata, Peningkatan pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.