candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM QUIZ DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SDN SLARANG 01 TAHUN AJARAN 2012/2013

INDAR WINARNI

Abstract


Abstract: The Application of Cooperative Learning Team Quiz Technique in Increasing Citizenship Education Learning 4th Grade Student State Elementary School 1 Slarang 2012/2013 Academic Year. The purpose of this research to describe the application of cooperative learning Team Quiz technique in increasing Citizenship Education learning and find problems with solutions. This research used Classroom Action Research technique and implemented in three cycles. The results showed that: the application of cooperative learning Team Quiz technique can improve Citizenship Education Learning 4th Grade Student. Problems were: dominated by clever students, there is less compact group, some students blamed other groups, needed a lot of time, and difficulty in made questions. The solutions are: motivate students, set the appraisal line, give the punishment, prepare a summary, and guide the discuss.

Keywords: Team Quiz Technique, Citizenship Education, Learning

Abstrak: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Quiz dalam Peningkatan Pembelajaran PKn Siswa Kelas IV SDN Slarang 01 Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif teknik Team Quiz dalam peningkatan  pembelajaran PKn dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan pembelajaran kooperatif teknik Team Quiz dapat meningkatkan pembelajaran PKn siswa kelas IV. Kendalanya yaitu: didominasi siswa pandai, ada kelompok yang kurang kompak, beberapa siswa menyalahkan kelompok lain, memerlukan banyak waktu, dan kesulitan membuat pertanyaan. Solusinya ialah: memotivasi siswa, menetapkan aturan penilaian, memberi sanksi, menyiapkan rangkuman, dan membimbing diskusi.

 

Kata Kunci: Teknik Team Quiz, PKn, Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.