candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD

IRMA SARI

Abstract


Abstract: The Use Of Quantum Model With Visual Media in Improvement Science Learning for The Fourth Grade Elementary School. The purpose of this research is to describe the steps in the model of Quantum Teaching model with visual media which can increasing science learning about the change in appearance of the earth and sky in the fourth grade of elementary school, the constraint and the solution. This research is a collaborative action research conducted in three cycles, each cycle consist of four stages, planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the use of model of Quantum Teaching model with visual media doing with steps: (1)Grow, (2)Naturally, (3) Name, (4) Demonstrating, (5) Repeat, (6)Celebrate. The constraint of this research are classroom teachers lack understanding as executive action steps to use Quantum Teaching model with visual media according to the plan from the researchers. The solutions are researchers perform simulations.

Keywords: Quantum Teaching model, visual media, science learning

Abstrak: Penggunaan model Quantum Teaching dengan media visual dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model Quantum Teaching dengan media visual dalam meningkatkan pembelajaran IPA tentang perubahan kenampakan bumi dan benda langit pada siswa kelas IV SDN, mendeskripsikan kendala dan solusi Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching dengan media visual yang dilaksanakan dengan langkah-langkah: (1) Tumbuhkan, (2) Alami; (3) Namai, (4) Demonstrasikan; (5) Ulangi, (6) Rayakan. Kendala yang dihadapi yaitu guru kelas kurang memahami langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching dengan media visual sesuai dengan perencanaan yang disusun oleh peneliti. Solusi yang dapat diambil peneliti sesuai dengan kendala tersebut adalah dengan mengadakan simulasi.

 

Kata kunci: model Quantum Teaching, media visual, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.