candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL TEAM ASISSTED INDVIDUALIZATION (TAI) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD

Zahro Sri Tanjung

Abstract


Abstract: Application of Team Asissted Individualization (TAI) models in Social Studies Learning 4th Grade Fractional Elementry School . The purpose of this research to increase  social studies fourth grade students in the elementary school by application of models TAI. This research is a collaborative classroom action research. This study was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, observation, implementation, and reflection. The data comes from the fourth grade students, observer, and fourth grade teacher. Submit techniques with test, observations, questionnaires, and documentation. The validity of the data using descriptive analysis techniques qualitative and quantitative. The conclusion of this research is the application of models TAI can improve learning social studies fourth grade students elementary school.

Keywords: Team Asissted Individualization (TAI), Social Studies Learning

Abstrak: Penerapan Model Team Asissted Indvidualization (TAI) dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV di SD dengan penerapan model TAI. Penelitian ini merupakan  penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru kelas IV SD. Data berasal dari siswa kelas IV, observer, dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model TAI dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas IV SD.

 

Kata Kunci: Team Asissted Individualization (TAI), Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.