candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 KEMUJAN TAIIUN 2012/2013

Titi Ariyanti

Abstract


Abstrak: Penerapan Metode STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 1 Kemujan Tahun 2012/2013. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran tentang sifat-sifat cahaya dengan menerapkan metode STAD. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Kemujan berjumlah 26 siswa. Sumber data dari siswa, observer dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode STAD dengan langkah­-langkah presentasi kelas, belajar tim, kuis individual, peningkatan skor, dan rekognisi tim dapat meningkatkan pembelajaran IPA. Hasil rata-rata persentase observasi guru (86,39%) dan observasi siswa (85,89%). Ketuntasan hasil belajar siklus I (74,99%), siklus II (82,88%), dan siklus III (92,30%).

 

Kata Kunci: Metode STAD, Peningkatan Pembelajaran, IPA .

 

Abstract: Aplication of the STAD (Student Teams Achievement Division) method to increase science learning of flfth grade students in Kemujan I Elementary Schooll years 201212013. The purpose of this research is to increase of science learning about light traits applying the STAD method. The research was conducted in three cycles. Subjects of this research are all of fifth grade students in Kemujan 1 Elementary School, which has 26 students. Data sources came from tstudents, observer and researchers. Data collection techniques using observation, documentation and test. The validity of data using triangulation technical and methods. Analisis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The results showed that the application of STAD method with the steps class presentation, team work, individual quiz, increased in score, and team recognition, can icrease science learning. Average yield percentage of observations of teachers (86,39%) and the observation ofthe students (85,89%). Mastery of learning outcomes first cycle (74,99%), second cycle (82,88%), and the third cycle (92,30%).

Keywords: STAD Method, Increased Learning , Science



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.