candi borobudur kerajaan di indonesia

PENENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012

ismail mubarrok

Abstract


Ismail Mubarrok1,Suripto2, Tri Saptuti Susiani3

PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen

e-mail: ismailmubarrok@yahoo.co.id

1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS

2 3 Dosen PGSD FKIP UNS

Abstract : The Aplication Of Contextual Teaching And Learning Model In Improving Mathematics Learning In Fourth Grade Student SDN 5 Kebumen in Academic Year 2011/2012. This study aims to: describe the process and result of  Mathematics learning. This study was conducted in three cycles, each cycle includes the planning, implementation, observation and reflection. Collecting data through observation, tests and interviews. The validity of the data using triangulation method. Fourth grade students study subjects SDN 5 Kebumen are 32 students. Based on the results of the research study quality increased from the first cycle, second cycle and third cycle. Before the action of students scoring above the KKM (65) is 6 students or 18.75% with an average value of 61. In the first cycle of students who scored above KKM (65) is 17 students or 53.1% with an average of 63, 71.8% in the second cycle and third cycle reaches 100%.

Keywords: contextual teaching and learning, Mathematics, Improved. Learning

Abstrak: : Penenerapan Model Contextual Teaching And Learning dalam peningkatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan : mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 5 Kebumen berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian kualitas pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (65) adalah 6 siswa atau 18,75% dengan rata-rata nilai 61. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai di atas KKM (65) adalah 17 siswa atau 53,1% dengan rata-rata 63, pada siklus II 71,8%, dan siklus III mencapai 100%.

Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning, Matematika, Peningkatan Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.