candi borobudur kerajaan di indonesia

Studi Kasus Menulis Karangan Menggunakan Media Flash Card pada Siswa SD

ning jumadirah

Abstract


Ning Jumadirah1, Imam Suyanto2, Kartika Chrysti Suryandari3

Universitas Sebelas Maret Surakarta, Jl.Kepodang, Panjer, Kebumen

ningjumadirah@yahoo.com

ABSTRACT: The purpose of this research is to know the writing skills of the third grade Tirtoadi elementary school students. This research is qualitative research. The subjects of the research are 34 third grade students of Tirtoadi elementary school. The sources of the data are the results of the students’ writings, observations, and interviews. The techniques for collecting the datas are by interviews, observation, and test. Triangulation technique is used to get the data validity. Description analysis is used to analyze the datas. The research procedures are determining the idea, preface study, consolidation, research preparation, doing the research, and taking a conclusion. The result of this research is the average score from the content of the paragraphs, composition, diction, morphology, and spelling which is 71,323. If the indicators are transferred into five scale, the students get C in their writing skills.

Keywords: writing skills, flash card media, description

===================================================================

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Tirtoadi Mlati Kabupaten Sleman yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari hasil karangan siswa, hasil pengamatan, dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan tes. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Prosedur penelitian adalah dengan penentuan ide awal, studi pendahuluan, pemantapan, persiapan penelitian, tindakan penelitian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah diperoleh skor rerata dari masing-masing kemampuan dari segi penyampaian isi, menyusun paragraf, diksi, tata bahasa, dan kemampuan dari segi penggunaan ejaan, diperoleh rerata skor 71,323. Dengan demikian bila ditransformasikan dalam perhitungan skala lima dapat dikatakan bahwa kemampuan menulis karangan siswa tergolong cukup.

Kata kunci: menulis karangan, media flash card, deskriptif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.