candi borobudur kerajaan di indonesia

PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2012/2013

Widuri Tyas Andriani

Abstract


ABSTRAK

Widuri Tyas Andriani. PERBEDAAN EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan  pengaruh penggunaan model kooperatif tipe TPS dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2012/2013, (2)  mengetahui perbedaan  pengaruh penggunaan model kooperatif tipe TGT dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan kelas V SD SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2012/2013, (3) Mendeskripsikan perbedaan efektivitas penggunaan model kooperatif tipe TPS dan TGT terhadap hasil belajar matematika khususnya pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2012/2013.

Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif dengan menggunakan sub desain Eksperimental Kuasi yaitu Tes Awal-Akhir dengan sampel terpisah (untuk control setara). Tes awal atau pretest dilakukan satu kali dengan 10 soal objektif pilihan ganda yang memiliki 1 kunci jawaban dan tiga pengecoh yang mencakup sebagian materi pertemuan satu sampai dengan pertemuan ketiga.  Populasi penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas V SD sekecamatan Sempor, dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sidoharum. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Validitas uji prasayarat instrumen tes penelitian ini menggunakan rumus product moment dan realibilitasnya menggunakan KR 20. Hasil penelitian ini menggunakan uji normalitas chi kuadrat, uji homogenitas bartlet chi kuadrat, dan analisis datanya menggunakan uji t/t-test.

Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran matematika dengan menerapkan Think Pair Share (TPS) hasilnya lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Sidoharum, (2) Penerapan Times Games Turnament (TGT) menjadikan hasil belajar tentang pecahan menjadi meningkat dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (3) Times Games Turnament (TGT) lebih efektif daripada Think Pair Share (TPS).

 

Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT), hasil belajar matematika SD

 

Abstract Page

Widuri Tyas Andriani. Differences effective of the Think Pair Share (TPS) and Teams Games Tournament (TGT) on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year. Scription, faculty teaching and education science, Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013

The aims of this research is (1) to knows the differences effective Think Pair Share and convensionall on the mathematics achievement in Sidoharum 1 Elementary school in the fifth year students, (2) to knows the differences effective Teams Games Tuornament (TGT) and convensionall on the mathematics achievement in Sidoharum 1 Elementary school in the fifth year students, (3) to describes the comparative effect of cooperative variants of Think Pair Share (TPS) and Teams Games Tournament (TGT) on the mathematics achievement in Sidoharum 1 Elementary school in the fifth year students.

The kinds of this research is kuantitatif  with pre-test, post-test control group quasi-experimental design. The pretest was done at one day and used 10 item multiple choice objective test items with one key and three distractors from first meet until third meet in the math class . The population of this research consisted of all the  fifth year students in public elementary school in Sempor, and this sample is the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School. This sampling technique used cluster random sampling. The collected data technique used observation technique, documentation, test, and interview. The validity test of  instrument prerequirment using product moment and realibility instrument using the Kuder-Richardson method (KR 20). The Results of analyses data using chi Kuadrat for normality and Bartlet Chi Kuadrat for homogenity. The study were analysed using the t-test statistic.

The conclussion of this research : (1) Learning mathematics has apllied Think Pair Share better than convensionall on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year (2) Learning mathematics has apllied Teams Games Tournament (TGT) better than convensionall on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year, (3) Learning mathematics has apllied Teams games Tournament (TGT) the best than among them on the Mathematic Achievement about fractions in the fifth grades Students of Sidoharum 1 elementary School in 2012/2013 academic year.

Keywords: Think Pair Share (TPS), Teams Games Tournament (TGT), Mathematic Achievement.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.