candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI BETENG TAHUN AJARAN 2011/2012

Fajar Astuti

Abstract


ABSTRACT

Fajar Dwi Astuti. THE CONTEXTUAL APPROACH APPLIED TO IMPROVE POETRY WRITING  AND READING SKILLS GRADE V STUDENTS BETENG STATE ELEMENTARY SCHOOL ACADEMIC YEAR 2011/2012. Scription, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. April. 2013.

The purpose of this research to improve poetry writing and reading skills  SD N Beteng grade V students academic year 2011/2012. This research is classroom action research with two cycles in implementation design. In implementation, researcher used the planning, implementation, monitoring and reflection. The subject is Beteng state elementery school grade V students academic years 2011/2012, amount to 24 students that consisting of 13 males and 11 females. The descriptive analysis includes of reduction data, presentation data and conclusion. Method was used is question and answer method and demonstration.

The results showed that implementation of contextual approach can improve poetry writing and reading skills Beteng state elementary school grade V students year 2011/2012.

The result of this research show that by the use of contextual approach can increase the study result of poetry writing and reading poetry. This is evident from study result of studies V grade students increase by increased learning outcomes in each cycle. Exhaustiveness value of students achieving more than 80% in poetry writing reading skills. The thoroughness of the poetry writing pre test 20,8%, cycle I increased to 58,3%, in the second cycle increased to 87,5% and poetry reading pretest 16,7%, cycle one increased 62,7%, in the second cycle increased 87,5%. Skills and active during the learning process has always been to increase from cycle I to cycle II.

The conclusion based of results is implementation contextual approach can improve poetry writing and reading skills Beteng state elementery school grade V students year 2011/2012.

 

Keywords : Contextual approach, writing and reading skills

ABSTRAK

Fajar Dwi Astuti. PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI BETENG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April. 2013.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa kelas V SD  Negeri Beteng tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain pelaksanaan dua siklus. Pada proses pelaksanaannya, peneliti menggunakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Beteng tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan dan tes. Teknik analisis deskriptif yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, metode tanya jawab dan metode demonstrasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa kelas V SD Negeri Beteng tahun pelajaran 2011/2012.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar menulis dan membaca puisi siswa kelas V. Hal ini terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Ketuntasan nilai siswa mencapai lebih dari 80% setelah diadakan tindakan. Adapun ketuntasan nilai pre test menulis puisi sebesar 20,8%, siklus I meningkat menjadi 58,3%, pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dan ketuntasan nilai pre test membaca puisi sebesar 16,7%, siklus I meningkat menjadi 62,7%, siklus II meningkat menjadi 87,5%. Keaktifan dan kerjasama saat proses pembelajaran juga selalu mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis dan membaca puisi siswa kelas V SD Negeri Beteng tahun pelajaran 2011/2012.

Kata kunci : Pendekatan kontekstual, keterampilan menulis dan membaca puisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.