candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS IV SDN BABADSARI

ISTI KOMAH

Abstract


Abstrak: Upaya Peningkatan Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT Pada Siswa Kelas IV SDN Babadsari. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas IV SDN Babadsari. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Babadsari yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TGT , Pembelajaran, IPS

 

Abstract: The improving Social Science Learning Through cooperative learning type TGT model In IV Grade Elementary School Babadsari. The purpose of this research was to improve the Social Science Learning trought cooperative learning type TGT model in IV Grade Elementary School Babadsari. This research uses classroom action research techniques. The research was conducted in two cycles. Subjects of this study is the IV graders of Elementary School Babadsari, which has 23 students. Data sources came from teachers ,  students and researchers. Data collection techniques using observation, testing, interview and documentation. The validity of data using triangulation methods techniques and other sources. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The results showed that the use of  cooperative learning type TGT model can improve the Social Science Learning studies IV grade student.

 

Keyword: Cooperative learning type TGT model, Learning, Social Science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.