candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 4 PANDANSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

DEWI MIATI

Abstract


PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA

SISWA KELAS V SDN 4 PANDANSARI

TAHUN AJARAN 2012/2013

Oleh:

Dewi Saroh Miati1), Kartika Chrysti Suryandari 2), Joharman3)

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

e-mail: dewisarohmiati@yahoo.co.id

 

 

Abstract: The Quantum Teaching Model Application to Improving Science Learning in V Grade State Elementary School. The purpose of this research was to describe of Quantum Teaching in improving the process and learning result of science studies five grade, improving Science Learning in V Grade State Elementary School. This research uses classroom action research techniques.The subject of this research are students of  V grade State Elementary School Pandansari. They are 13 male students and 17 female students. This research are did in three cycles and every cycles consist of two meeting. The results showed that the use of Quantum Teaching, can improve the process and learning result Science Learning in V grade student. Selection of the appropriate model is an alternative that can be taken.

 

Keyword: Quantum Teaching, Learning. Science.

Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V sekolah dasar, meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Pandansari yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan  dalam tiga siklus dan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA di kelas V. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh.

Kata Kunci: Quantum Teaching, Pembelajaran, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.