candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

SITI SETIAWATI

Abstract


Abstract: The Using of Numbered Heads Together model (NHT) in Improving Matematic Learning in Elementary School V Grade Students. The purpose of this research is to describe the step of using Numbered Heads Together model in enhancement learning V grade students in elementary school. This research uses class actions research methods are carried in the three cycles. Each cycle consists of planing, action, observation, and reflection. The data source of this research is the V grade students of Karangsari elementary school Kemranjen Banyumas in academic year 2012/2013 which amounted to 13 students, consist 8 men and 5 women. Data collecting methods are collected through observation, interview, test, and documentation. The validity of data using the triangulation technic and resource. The data Analysis is used by this research in kuantitatif and kualitatif data analysis. Research procedure is Suharsimi Arikunto model is planning, acting, observing and reflecting. The result showed that the using of Numbered Heads Together model in Improving Mathematics Learning in Elementary School.

Keywords: Numbered Heads Together (NHT) model, Mathematics earning.

 

Abstrak:Penggunaan Model Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model kooperatif numbered heads together (NHT) dan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangsari Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model Suharsimi Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa langkah-langkah model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) terdiri dari pembagian kelompok, penomoran, pemberian materi, pemberian pertanyaan, berpikir bersama, pemanggilan nomor, menjawab pertanyaan dan menyimpulkan. Selain itu penggunaan model kooperatif Numbered Heads Together (NHT) juga dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Kata Kunci:Model Numbered Heads Together (NHT), Pembelajaran Matematika

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.