candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

CHANIFAH CHANIFAH

Abstract


Abstract. The Using of Model Numbered Heads Together in IncreasingImproving Mathematics in the Fourth Grade Students State Elementary School. The purpose of this research to describe the procedure of using Numbered Heads Together model and to increase Mathematics learning fourth grade students in elementary school. This research uses class actions research methods are carried in three cycle. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The data source of this research is the fourth grade students of Pesawahan elementary school Rawalo Banyumas in academic year 2012/2013 which amountedto 33 students, consist 21 men and 12 women. Data collecting methods are collected through observation, interview, and test. The validity of data using the triangulation technic, resource, and times. The data analysis is used by this research in kuantitatif and kualitatif data analysis. Research procedure is Suharsimi Arikunto modelinclude three steps, they are planning, acting, observing, and reflecting. The result showed that the using of Model Numbered Heads Together in Improving Mathematics Learning in Elementary School.

Keywords: Numbered Heads Together, Mathematics Learning

Abstrak. Penggunaan Model Numbered Heads Together dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur penggunaan model Numbered Heads Togetherdan meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pesawahan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah model Suharsimi Arikunto yang meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Numbered Heads Together, Pembelajaran Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.