candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF

Lu'lu Ngaqilah

Abstract


Abstract: The purposes of this research are to the improve the learning of social science at the fourth grade of elementary school with cooperative model of Numbered Heads Together (NHT) type and to describe the process of using of the cooperative model of Numbered Heads Together (NHT) type in improving the learning of social science at the fourth grade student of elementary school. This research was collaborative classroom action research. The experiment was conducted in two cycles and each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were students at the fourth grade of elementary school. The techniques collecting data used observation, interviews, questionnaires, and tests. The validity of the data used triangulation. The result of research could concluded that the use of the cooperative model of Numbered Heads Together (NHT) type could improve the learning of social science at the fourth grade state elementary school.

Keywords: Cooperative Model, Numbered Heads Together (NHT), Social Science

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV SD dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan mendeskripsikan proses penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran IPS kelas IV SD.

Kata Kunci: Model Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.